Foto Saya
malang, jawatimur, Indonesia
Hamster adalah hewan mini yg kebanyakan orang suka memeliharanya. begitupun juga dengan saya yang suka dengan hewan yang satu ini ^_^. lucu lucu n nggemesin kan hehehehe....

Rabu, 25 Mei 2011

merawat hamster sakit

Flu Hamster/Hamster Colds
Flu Hamster dapat disebabkan oleh suhu yang kering, maka dari itu penempatan lokasi kandang sangat mempengaruhi.
Gejalanya yaitu : hamster bersin, hidungnya basah, nafas terengah²/ sulit, dan selalu duduk membungkuk.
Hamster di anjurkan untuk tidak dimandikan, karena air merupakan salah satu penyebab flu. Hindari hamster kesayangan anda jika anda sedang terserang flu, karena dapat menularkan hamster kesayangan anda.
Hamster yang sudah terserang penyakit flu sebaiknya di tempatkan pada ruangan yang hangat dan tidak kering. Makanannya pun yang lembut(sudah di haluskan), air minum dengan di beri madu sedikit (madu asli) juga baik untuk hamster anda, bila perlu di berikan susu hangat dicampur dengan air. Susu hangat harus di ganti sekurang-kurangnya tiga kali sehari selama minimal tiga hari.
Hamster Wet Tail/ Ekor Basah
Hamster Ekor Basah adalah Infeksi dari bakteri dan akan menyebabkan diare yang parah. Stress dan pola makan yang salah atau tidak berimbang adalah dua penyebab dari penyakit tersebut.
Contoh untuk hamster yang strees adalah saat perjalanan jauh saat anda membeli dari toko atau saat anda pindah rumah.
Ciri-cirinya yaitu daerah sekitar anus hamster lengket dan basah. Ketika hamster anda memiliki ekor yang basah maka segeralah untuk membawanya ke dokter hewan. Hamster akan bergerak sangat lambat dan tidak nafsu makan.
Biasanya penyakit ini banyak menyerang hamster Syrian. Cairan Isotonik dapat diberikan secara oral kepada hamster yang sakit dan antibiotik yang di berikan oleh dokter hewan. Metronidazole POM berguna dalam mengobati ganguan pencernaan dan ekor basah. Dosisnya adalah 20-60mg/kg dua kali sehari.
Menambahkan pemanis seperti madu untuk makanan hamster mungkin dapat mendorong nafsu makan dan memulihkan stamina hamster. Penempatan hamster yaitu tempatkan pada tempat yang hangat dan tenang untuk mengurangi strees. Setiap ada hamster yang mati, kandang tersebut harus dicuci bersih dan didesinfeksi.
Hamster Bladder Stones/ Batu ginjal
Gejala pada hamster yang mengidap penyakit Batu Ginjal adalah pada saat buang air kecil berdarah, hamster akan merasakan sakit yang sangat pada saat buang air kecil dan hamster terlihat lemas.
Berikan daun Dandelion agar dapat meningkatkan produksi urin sehingga batu ginjal dapat keluar. Daun Dandelion dapat diperoleh di penjual sayur.
Cara lainnya adalah dengan menambahkan sedikit garam pada air atau makanannya. Anda juga dapat memberikan sayuran atau beberapa makanan basah untuk hamster anda. Ekstrac vitamin C dapat ditambahkan juga pada makanan yang akan mengurangi kadar batu ginjal pada Hamster anda.
Hamster Diarrhoea/ Diare
Diare merupakan akibat dari pola makanan yang tidak benar dan terkadang akibat dari pemberian kombinasi makanan yang salah pada makanan basah dan kering.
Makanan yang telah membusuk atau minuman yang kotor juga pemberian makanan sayur yang sangat berlebihan juga menjadi penyebab hamster diare. Gejala Hamster Diare yaitu kotorannya yang berwarna hijau, encer, dan dalam kuantitas yang banyak.
Jika hamster anda terserang penyakit diare, segeralah untuk menyingkirkan semua makanan basah, beri saja roti kering dan nasi atau biji-bijian. Ganti air dengan teh Chamomile hangat tiga kali sehari, selama dua hari berturut-turut. Ketika hamster anda mulai membaik maka segera bersihkan kandang dengan baik dan benar.
Hamster Constipation/ Sembelit
Konstipasi/Sembelit adalah penyakit penyumbatan usus. Hal ini berakibat dari hamster yang mengunyah bedding yang kotor atau karena hamster kekurangan cairan (minum/dehidrasi).
Cobalah untuk memberikan daun selada atau dandelion untuk makanan hamster, atau bisa berikan 1 tetes minyak nabati (zaitun), dan berikan hal tersebut dalam waktu 2 hari. Pastikan juga hamster diberikan air yang yang cukup dan bersih.
Hamster's Rectal Prolapse / Hamster's Prolapsed Rectum
Prolaps Rektum adalah sebuah penyakit dimana dubur hamster terlihat keluar dari anusnya (Hernia). Jika hamster anda terserang penyakit ini maka bawalah hamster anda pada dokter hewan terdekat karena akan segera di operasi.
Hamster Diabetes
Diabetes pada hamster umumnya menyerang pada pada hamster kerdil/Campble.
Diabetes merupakan penyakit turunan, beberapa gejalanya adalah minum yang berlebihan, bulu rontok pada daerah perut dan tangannya, buang air kecil yang berlebihan, terlalu banyak tidur, melakukan gerakan yang berlebihan, berat badan berlebihan dan hamster tersebut gemetar.
Beri hamster makan yang mengandung fruktosa, hal ini dapat dilakukan dengan pencampuran kualitas makanan yang baik seperti sayuran segar, wortel, lobak, brokoli, kembang kol dan putih telur yang di rebus. Hindari makanan yang dijual ditoko yang banyak mengandung fruktosa, beri saja makan segar. Anda juga harus memberikan kadar protein yang lebih banyak dalam proses diet hamster.
Hamster Stroke
Ketika hamster terserang stroke, kepala hamster akan miring dan lari berputar-putar. Biasanya stroke menyerang pada malam hari dan keesokan harinya kepala hamster akan miring ke satu sisi. Biasanya stroke terjadi karena usia hamster yang sudah tua. Alasan lainnya adalah karena panas yang terlalu berlebihan maka dari itu penting halnya penempatan kandang hamster pada suhu ruang antara 18°C - 26°C.
Hamster yang terkena stroke harapan hidupnya sangat kecil, biarpun mereka sanggup bertahan hidup, mereka akan mengalami head tilt (miring kepala) secara permanennangih
Head Tilt juga dapat terjadi karena adanya infeksi pada bagian dalam telinga atau juga terjadi karena infeksi saluran pernafasan.
Infeksi bakteri ini dapat disembuhkan dengan resep dokter hewan. Gejala lainnya adalah hamster akan bersikap normal namun kemudian hamster akan seperti terhipnotis yaitu bersikap diam saja, meskipun sudah dikagetkan hamster itu tidak akan bergeming. Stroke dapat disembuhkan dengan porsi makanan dan minuman yang berimbang dan harus selalu di perhatikan selama 2 minggu.
Hamster Skin Mites
Skin Mites/ Tungau adalah hewan kecil bertungkai delapan seperti laba-laba, yang merupakan parasit berbahaya. Skin mites adalah masuk kedalam kulit hamster dan tidak terlihat sama sekali. Jika hamster terserang Skin Mites maka hamster yang tinggal 1 kandang dengannya akan segera tertular. Gejalanya adalah bulu rontok yang di akibatkan karena hamster menggaruk kulitnya terlalu berlebihan.
Untuk mengatasi Skin Mites ini bisa dengan menggunakan spray anti kutu/ tungau, namun penyemprotan pada kandangnya saja jangan pada hamsternya. Jika ingin menghilangkan Skin Mites dari hamster tersebut semprotkan pada sikat halus yang bersih, kemudian sisir bulu hamsternya, setelah itu gunakan tissue kering untuk mengeringkan hamsternya. Atau bisa juga ikuti petunjuk penggunaanya yang tertera pada Spray.
Hamster Ear Mites/ Ear Mange
Hamster Ear Mites / Hamster Ear Mange biasa disebut juga Notoedres. Tungau/ Kutu ini biasa terdapat pada sekitar telinga hamster, namun terdapat juga disekitar wajah dan kaki hamster.
Ear Mites dapat berkembang biak dengan cepat pada area yang terinfeksi, dan hamster akan menggaruk kulitnya sampai tidak karuan. Sehingga kulit hamster menjadi rusak, hitam dan jika di biarkan hamster akan mati karena dia akan menggaruk kulitnya dengan sangat keras.:ayokona:
Cara pengobatannya adalah dengan cara menyuntikkan Ivermectin yang dilakukan oleh dokter hewan, atau juga bisa di berikan secara oral. Ivermectin diberikan 1x dalam seminggu. Cara lain untuk mengurangi rasa gatal pada hamster yaitu dengan memberikan krim anti gatal. Perawatan kandang hamster dengan cara dibersihkan setiap minggunya untuk menghindari kontaminasi ulang dari Notoedres.
Cara lainnya adalah dengan memberikan minyak zaitun yang diencerkan dan dapat diberikan secara langsung pada infeksi. Lavender, Rosemary, Pohon teh dan Minyak Bawang Putih juga dapat berguna.
Hamster Cancers / Tumours
Tumor pada hamster adalah benolan-benjolan yang tidak biasa dan semakin lama semakin besar dari waktu ke waktu.
Operasi oleh hamster dapat sangat membantu penyegahan penyebaran sel tumor/ kanker. Tumor biasanya timbul karena usia hamster yang sudah tua.
Meskipun beberapa tumor dapat di obati, namun tumor yang telah di operasi dapat timbul lagi. Operasi yang dilakukan terkadang beresiko karena tumor pada hamster ukurannya sangat kecil dan penggunaan antibiotik yang tidak tepat sangat membahayakan hamster.
Salah satu penyebab terjadinya tumor adalah perkawianan satu darah/ garis keturunan contoh : Adik dengan kakak/ Induk dan Anak.
Hamster yang menderita tumor dapat hidup normal, namun jauhi benda-benda tajam yang terdapat pada kandang hamster karena dapat menyebabkan tumor pecah.
Jika tumor pada hamster pecah maka oleskan minyak zaitun/ sayur, upaya ini dilakukan agar hamster tidak menjilati cairan tumor yang berakibat terjada pendarahan.
Hamster's Cysts
Cysts/ Kista adalah rongga yang berisi cairan atau kantung. Terkadang juga berisi udara atau materi semi-solid(semi-padat).
Kista dapat menjadi besar dan terjadi pembengkakan. Jika kista terjad di mulut maka hamster akan mengalami kesulitan untuk makan.
Kista dapat di obati oleh dokter hewan dengan cara di operasi, kista seperti halnya tumor, meskipun sudah di operasi namun dapat timbul lagi. Jika kista pecah penangannya sama dengan tumor yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun/ sayur pada kista.
Hamster Protein Deficiency - Loss of Nails
Jika hamster kekurangan protein maka efek sampingnya adalah: kuku lemah, kehilangan kuku, bulu rontok, Pneumonia, Infertilitas, dan pertumbuhan yang buruk terutama pada hamster muda.
Protein sangat penting untuk pertumbuhan hamster anda. Protein dapat ditemukan pada makan hamster seperti kacang polong, kedelai, kacang-kacangan dan keju.
Hamster Sticky Eyes / Hamster Conjunctivitis
Konjungtivitas adalah suatu peradangan pada bagian dalam kelopak mata yang menyebabkan mata tidak dapat melihat(merem).
Dalam kebanyakan kasus ini mata hamster akan terlihat merah. Penyebabnya adalah reaksi alergi pada bedding yang kotor atau efek dari serbuk kayu pada bedding. Hamster yang mengidap Konjungtivitas akan menggaruk matanya dana penglihatannya tidak sempurna.
Penanganannya adalah dengan cara mencuci mata hamster dengan air hangat lalu dibersihkan dan ditutup dengan kain bersih.
Hamster Glaucoma
Glaukoma adalah salah satu penyakit hamster pada mata. Gejala Glaukoma adalah mata hamaster akan tampak lebih besar atau bengkak, ketika terjadi glaukoma ada peningkatan jumlah cairan dalam bola mata yang akan menyebabkan kehilangan penglihatan. Hamster akan menggaruk matanya dan terjadi prolapses. Glaukoma biasa terjadi akibat perkelahihan sesama hamster.
Penanganannya dengan cara diberikan salep mata yang sudah diresepkan oleh dokter hewan, dapat digunakan beberapa kali sehari untuk menjaga kelembapan mata hamster.
Hamster Obesity
Obesitas adalah kelebihan berat badan yang dapat mempengaruhi kesehatan hamster. Hamster obesitas cenderung menjadi pemalas.ngantuk
Solusinya ialah dengan mengurangi kadar gula pada makanan hamster seperti mengganti makan dengan sayuran segar. Berikan mainan hamster untuk aktivitas dia seperti Jogging whell, Jogging Ball dsb.
Hamster's Respiratory Problems
Gejala hamster dengan masalah pernafasan meliputi : Paru-paru bengkak, pernafasan lambat dan berdecit saat bernafas. Juga terlihat kesulitan dalam bernafas seperti kelelahan. Jika hamster anda terlihat seperi ini, maka kurangi mainan yang terdapat pada kandang, ganti bedding hamster dengan tissue hindari kandang dari debu yang dapat mengganggu pernafasanya.
Bila ada infeksi akut, maka disarankan untuk menggunakan antibiotik yang diberikan oleh dokter hewan.

1 komentar:

rasty mengatakan...

mkasi infonya,,,,,
kmrn hams q nafsu maknnya turun, biasanya aq kasih dy sayur"an,,,,tyus kmrn aq coba kasih biji"an dari pakan perkutut,,,,
seminggu kemudian hams q bulunya pada rontok n urin nya bau pesing bgt,,,,,kira" kenpa ya hams q.....n minta tolong kasih solusi dong aq kudu kasih obat apa buat hams q....

Poskan Komentar